Agenda
25 November 2017
M
S
S
R
K
J
S
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9

PERSYARATAN UMUM CALON MAHASISWA      

Secara umum yang dapat diterima sebagai mahasiswa STIE Binaniaga (baik mahasiswa baru maupun mahasiswa pindahan) adalah:

  • Warga Negara Republik Indonesia yang sehat  rohani  dan jasmani, 
  • berkelakuan baik, 
  • Telah lulus Sekolah Menengah Tingkat Atas (SMTA baik SMTA umum, kejuruan, keagamaan, maupun kedinasan)


PERSYARATAN KEUANGAN   

KELAS A
Biaya Pendidikan kelas A (D-III Akuntansi dan S-I Manajemen) dapat dilihat pada lembar persyaratan keuangan 

KELAS B
Biaya Pendidikan kelas B (D-III Akuntansi dan S-I Manajemen) dapat dilihat pada lembar persyaratan keuangan 

 

PERSYARATAN ADMINISTRATIF

Berkas-berkas yang harus dipersiapkan dan diserahkan oleh calon mahasiswa terdiri atas :

  • Fotocopy Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) atau Surat Tanda Kelulusan (STK) dan Nilai Ujian Nasional SLTA yang telah dilegalisasi sebanyak dua (2) eksemplar,

  • Fotocopy Surat Keterangan Berkelakuan Baik (SKKB),

  • Fotocopy Surat Keterangan Berbadan Sehat (Keuring),

  • Pasfoto ukuran 3 x 4, dan 4 x 6, masing-masing tiga (3) lembar.

Calon mahasiswa juga diwajibkan mengisi, menandatangani, dan menyerahkan kembali formulir-formulir sebagaimana yang terlampir di dalam buku pedoman ini.

  

TATA CARA PENDAFTARAN  

1. Pendaftaran.

Calon mahasiswa mendaftarkan diri pada petugas pendaftaran di lokasi PENERIMAAN MAHASISWA BARU STIE BINANIAGA, dengan menyerahkan  Dana  Pendaftaran secara  tunai dan mengisi formulir pendaftaran. atau melalui pendaftaran online. Pendaftar akan menerima buku Pedoman PMB. Buku Pedoman tersebut berisi selain informasi dan petunjuk yang rinci mengenai penerimaan dan pendaftaran yang perlu diketahui oleh calon mahasiswa, juga berisi formulir-formulir sebagai berikut:

  • Formulir pendaftaran (diisi, ditandatangani, serta diserahkan kembali pada saat pendaftaran).

  • Formulir pendaftaran ulang.

  • Formulir pernyataan mahasiswa.

Formulir-formulir pada butir 2, dan 3 dapat dibawa pulang untuk diisi dan diserahkan kembali pada saat melaksanakan pendaftaran ulang.

2. Seleksi.

Seleksi penerimaan mahasiswa baru STIE Binaniaga dilakukan melalui 2 (dua) tahapan yaitu:

  • Seleksi kelengkapan berkas administratif.

  • Wawancara dengan unsur pimpinan STIE Binaniaga yang waktunya dapat dilakukan pada saat calon mahasiswa melakukan pendaftaran atau di lain waktu dengan cara pemanggilan terhadap calon mahasiswa.

  • Tes tertulis.

Hasil seleksi diberitahukan langsung saat itu oleh pewawancara.

3. Pendaftaran Ulang.

Pendaftaran Ulang dapat dilakukan sekaligus pada saat calon mahasiswa mendaftarkan diri, atau beberapa hari setelahnya dalam masa penerimaan mahasiswa baru di lokasi pendaftaran.

Pada saat melaksanakan pendaftaran ulang calon mahasiswa sudah harus melengkapi semua persyaratan keuangan dan administrasi pendaftaran, serta menyerahkan berkas-berkas sebagai berikut:
 

KELAS A dan B

  • Fotocopy Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) atau Surat Tanda Kelulusan (STK) dan NEM SLTA yang telah dilegalisasi masing-masing sebanyak dua (2) eksemplar,

  • FotocopySuratKeterangan Berkelakuan Baik (SKBB),

  • FotocopySuratKeterangan Berbadan Sehat (Keuring),

  • Pasfoto terbaru ukuran 3x4, dan 4x6, masing-masing tiga (3) lembar,

  • Semua formulir dalam buku Pedoman ini (selain formulir pendaftaran) yang telah diisi dan ditandatangani,

  • Salinan-salinan bukti setoran tunai Biaya Pendidikan yang telah dibayarkan lunas melalui STIE Binaniaga. 

Berkas-berkas pada butir 1 sampai dengan 6 diatas, sudah dimasukkan kedalam map berwarna kuning.


Setelah  menyelesaikan semua persyaratan dan prosedur di dalam proses penerimaan mahasiswa baru, kepada seluruh calon mahasiswa diwajibkan untuk mengikuti seluruh kegiatan Pra Studi yang terdiri dari kegiatan kuliah Matrikulasi, dan kegiatan Bimbingan Akademik/Perencanaan Studi.
 
KULIAH MATRIKULASI

 Kuliah matrikulasi adalah kegiatan belajar mengajar yang dipandu oleh Dosen yang berkompeten pada bidang studi pokok dan selaras dengan jurusan atau program studi yang diselenggarakan, bersifat wajib diikuti oleh mahasiswa baru.

Apabila karena sesuatu hal mahasiswa tidak dapat mengikuti kuliah matrikulasi pada tahun akademik berjalan, maka mahasiswa bersangkutan dapat mengikutinya pada tahun akademik yang akan datang atau pada waktu yang secara khusus diselenggarakan oleh bagian akademik dan bagian kemahasiswaan.

Kuliah matrikulasi bagi mahasiswa baru dilaksanakan selama dua hari penuh di kampus STIE Binaniaga. Segala hal yang berkenaan dengan pelaksanaan kuliah matrikulasi ini akan dijelaskan oleh bagian akademik di kampus STIE Binaniaga

BIMBINGAN STUDI

Bimbingan studi adalah kegiatan bimbingan akademik yang dipandu oleh Dosen Wali/Pembimbing Akademik untuk memberikan penjelasan tentang sistem pengajaran, strategi belajar, prosedur-prosedur akademik yang harus dilalui oleh setiap mahasiswa baru selama yang bersangkutan menuntut ilmu di STIE Binaniaga

Bimbingan Akademik/Perencanaan Studi dilaksanakan oleh Pembimbing Akademik bersama-sama dengan kelompok mahasiswa baru bimbingannya di kampus STIE Binaniaga sesuai dengan jadwal yang ditetapkan.

Pengelompokkan mahasiswa bimbingan dan jadwal kegiatan bimbingan akademik diatur dan disampaikan kepada mahasiswa oleh bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) sebelum masa pelaksanaan bimbingan.

UJIAN MANDIRI

Sejalan dengan kebijakan baru pemerintah tentang otonomi akademik kepada perguruan tinggi swasta yang dituangkan dalam Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 184/U/2001 dan SK Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Nomor 08/DIKTI/Kep/2002 dimana dalam salah satu keputusannya memuat tentang penghapusan Ujian Negara bagi mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Dalam hal ini STIE Binaniaga telah meresponnya dengan berbagai tindakan dalam bentuk penataan manajemen dan instrumen akademis dengan berorientasi pada mutu lulusan yang dapat dipertanggungjawabkan di tengah-tengah masyarakat, melalui pelaksanaan Ujian Mandiri yang diimplementasikan ke dalam Evaluasi Akhir Program (Ujian Komprehensif dan Tugas Akhir atau Skripsi) untuk tetap mempertahankan hasil kelulusan mahasiswa yang berkualitas.

Dengan pelaksanaan evaluasi studi akhir program tersebut para pengguna jasa tidak akan merasa ragu terhadap kemampuan lulusan STIE Binaniaga yang memang telah teruji secara akademis dan telah siap menghadapi tantangan dunia usaha di era pasar global saat ini dengan dibekali keahlian teknologi informasi dan kemahiran berbahasa Inggris secara aktif dengan berorientasi pada keahlian tingkat penyelia (D-III) dan kemampuan pada penalaran dan pengambilan keputusan bisnis (S-I).


PERSYARATAN PENGUNDURAN DIRI DARI PENERIMAAN MAHASISWA BARU 

Bagi calon mahasiswa yang akan mengundurkan diri dari penerimaan mahasiswa baru, maka berlaku ketentuan sebagai berikut :

  • Pengunduran diri dapat diajukan paling lambat sebelum perkuliahan matrikulasi dimulai.
  • Bagi calon mahasiswa kelas A & B, dana yang telah dibayarkan (kecuali dana pendaftaran) akan dikembalikan jika yang bersangkutan mengundurkan diri paling lambat sebelum perkuliahan matrikulasi dimulai dan dibebani biaya pengunduran diri sebesar 30% dari seluruh dana yang seharusnya dibayarkan selama 1 (satu) semester.